Home » » Google Luncurkan Encrypted Search Versi Beta Dengan Dukungan SSL

Google Luncurkan Encrypted Search Versi Beta Dengan Dukungan SSL

Written By Yhoga Dheviant on Tuesday, June 1, 2010 | 6:51 AM

Kabar terobosan yang dilakukan Google akhir-akhir ini seakan tak ada habis-habisnya terekspos. Dalam suatu acara konferensi Google I/O 2010, Google baru-baru ini telah mengumumkan peluncuran layanan mesin pencari versi beta terbarunya dengan dukungan enkripsi SSL (Secure Sockets Layer) yang membantu pencarian web secara privasi oleh penggunanya. Fitur tersebut berlabel beta dan bukan sebagai pilihan default sehingga kini telah tayang dan tersedia bagi siapa saja.
“Hari ini Kami dari pihak Google akan secara bertahap menggelar sebuah pilihan terbaru untuk proses pencarian yang lebih aman di https://www.google.com. Ketika Anda melakukan pencarian pada situs https://www.google.com, sebuah koneksi yang terenkripsi terbentuk antar browser Anda dengan Google”, tutur Evan Roseman yang kini bertindak sebagai software engineer di Google.
“Saluran yang terjamin ini dapat membantu melindungi istilah pencarian dan halaman-halaman hasil pencarian Anda dari sadapan yang dilakukan oleh pihak ketiga pada jaringan Anda. Layanan ini meliputi logo yang yang telah dimodifikasi untuk membantu mengindikasikan yang Anda sedang cari menggunakan SSL dan kemungkinan memiliki pengalaman pencarian Google yang agak berbeda”, jelas Evan.
Ada sedikit kelemahan dalam menggunakan koneksi yang aman, maka dari itu beberapa situs telah menerapkan proses login yang canggih. Situs-situs dengan kebutuhan keamanan yang lebih ditingkatkan akan menggunakannya, dan sebagai contoh apa yang terjadi pada proses online banking ataupun pertokoan. Google telah mulai mengadopsi koneksi aman https:// untuk beberapa layanannya, terutama untuk Gmail, yang mana koneksi SSL diaktifkan secara default bagi semua alur proses yang ada.
Pencarian Google terenkripsi terbaru dalam versi beta untuk saat ini, dan yang pasti layanan tersebut belum setara dengan mesin pencarian biasa. Sebagai contoh, koneksi yang aman hanya aktif untuk mesin pencarian utama dan bukan untuk hal-hal seperti Gambar Google atau Google Maps. Pencarian video telah tersedia, disamping nantinya ada pencarian buku, pencarian blog, pencarian secara real time dan lain sebagainya.
Gambar-gambar yang ada masih akan muncul sebagai hasilnya berkat fitur Universal Search, tapi link-link selanjutnya akan memindahkan Anda ke pencarian biasa yang tentunya belum terenkripsi. Mesin pencari tersebut juga akan terasa sedikit lebih lambat karena delay yang disebabkan oleh penanganan SSL. Bagi yang penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak mengenai hal ini, Anda dapat melihat halaman bantuan Google untuk pencarian SSL.
Menariknya, pengguna dapat melihat icon berwarna-warni yang menghiasi sidebar permanen yang baru-baru ini diperkenalkan telah menghilang dengan hanya link teks yang ada. Sejauh ini, Google tampaknya menjadi pengujian versi mesin pencari tanpa gambar-gambar yang berukuran kecil sebelum kemungkinan digulirkan lebih luas lagi. Atau bahkan mungkin bertambah lambatnya proses pencarian dengan menggunakan SSL ini.
Share this article :

4 comments:

  1. google makin oke aja ya selalu berinofasi tanpa henti. salam knal ya sob kunjung dan coment di portalgue.com kotak comenya dofollow lho

    ReplyDelete
  2. google emang gak ada matinya

    ReplyDelete

 
Support : Official Site Android | Parfum Murah | Yhoga Dheviant
Copyright © 2013. Yhoga-id - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger